Home > Blog > Tips dan Trik > cara mengutip dari internet yang baik dan benar

cara mengutip dari internet yang baik dan benar

Menulis merupakan salah satu hal yang mengasyikkan terlebih apabila ditekuni dengan baik penulis mampu jadi pekerjaan yang amat menggiurkan. Tetapi dikala ini banyak yang enggak tahu cara mengutip tulisan dari internet, sementara itu bila kita mau mengutip tulisan artikel orang lain haruslah dengan cara yang baik serta benar.

saat ini, informasi online melalui suatu jaringan internet banyak digunakan oleh penulis sebagai bahan rujukan ataupun sumber tulisan. Terlepas dari benar ataupun enggak isi sumber informasi yang terdapat di internet (web) yang butuh dicermati ialah web itu bersifat dinamis, maksudnya bisa saja postingan mengalami pergantian sewaktu- waktu ataupun web tersebut dihapus dari internet. Karena itu terdapat cara menulis kutipan dari internet bila dipakai sebagai sumber tulisan.

Secara universal metode mengutip yang kerap dipakai merupakan MLA( Modern Language Association), APA( American Psychological Association) serta Chicago, sebelum kita mangulas metode mengutip step awal dalam membuat kutipan adalah mengumpulkan data saat mengutip website, kumpulkan informasi sebanyak – banyaknya tentang halaman website:

1. Salinlah URL, yang merupakan alamat website yang terletak pada kotak di bagian paling atas browser.

2. Carilah penulis halaman itu, yang bisa jadi terletak di penggalan atas di bawah judul, ataupun di bagian bawah. Terkadang, nama penulis terletak di halaman” Tentang/About”.

3. Tuliskan nama web webnya, yang umumnya terletak pada URL, logo atau tentang kami di bagian atas halaman.

4. Salinlah judul artikelnya, bila memungkinkan. Judul sepatutnya terletak di bagian atas halaman.

5. Carilah tanggal publishnya. tanggal sepatutnya terletak di bagian atas ataupun dibawah nama penulis, namun tanggal tidak senantiasa dituliskan.

6. Terakhir catatlah tanggal pada saat kamu mengambil informasi itu.

Baca juga :  Pengertian internet lengkap dengan sejarah, manfaat dan dampaknya

Mengutip Website dalam Format MLA

Untuk metode MLA, Kamu akan menambahkan rujukan pada kutipan Kamu di dalam text, setelah itu memasukkan tamhalaman kutipan karya di akhir postingan Kamu.

Nama Belakang Penulis, Nama Depan Penulis.” Nama Website”. No versi( bila terdapat). Penerbit ataupun organisasi, tanggal publikasi ( tahun). Media publikasi ( Website). Tanggal akses informasi ( tanggal bulan tahun). URL.

contoh: Jhon, Kadek. Bcodes. Cara Mengutip Dari Internet Dengan Baik dan Benar, 2019. Website. 4 Maret 2019. https://www.bcodes.net/cara-mengutip-dari-internet-yang-benar.

Mengutip Website dalam Format APA

Untuk kutipan dalam style APA, Kamu butuh menambahkan rujukan pada kutipan Kamu di dalam text, setelah itu masukkan catatan referensinya di akhir postingan Kamu.

Nama Belakang Penulis, Nama inisial Penulis.( tanggal Publikasi). Judul Dokumen. Diambil dari URL.

Contoh: Jhon, K.( 2019). Apa Itu Framework. Diambil dari https://www.bcodes.net/apa-itu-framework.

Mengutip Website Memakai Style Kutipan Chicago

Style Kutipan Chicago mewajibkan pemakaian catatan kaki disaat mengutip sumber di dalam text. Kamu perlu mempunyai entri buat sumber Kamu pada catatan kaki, serta entri yang lain dalam bibliografi.

Nama Depan Penulis Nama Belakang Penulis,” Judul halaman Website”, nama penerbit, organisasi, ataupun situs website, tanggal publikasi ataupun tanggal akses, URL.

Contoh: Kadek Jhon,” Buat Email Baru Melalui HP”, Bcodes, 2019, https://www.bcodes.net/buat-email-baru-lewat-hp.

Catatan

Bila nama web ataupun waktu penerbitan enggak ada umumnya diganti dengan “ __

Yang paling penting judul postingan, URL( alamat postingan lengkap bukan homepage) dan waktu akses wajib disebutkan. Bila perlu bisa menghubungi owner web untuk meminta penjelasan lebih jelas.

Nah, itu tadi sedikit pembahasan tentang cara menulis kutipan yang baik dan benar. Kalian yang tadinya belum mengetahui tentang gimana cara penyusunan kutipan yang benar sehabis membaca ini langsung jadi mengerti. silahkan dishare agar banyak orang yang tahu.

Baca juga :  Tutorial Membuat Login, Register dan Logout dengan PHP dalam 10 menit

Refrensi:
https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/747/02/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two − one =

Portfolio Title

February 2018

Web Design, Web Development

WhatsApp chat