Home > Blog > Informasi > Simple! Begini Cara Install WordPress di Xampp

Simple! Begini Cara Install WordPress di Xampp

Cara install wordpress localhost menggunakan Xampp sebenarnya cukup mudah dan simple, untuk yg sudah terbiasa gak sampai 5 menit sudah kelar :).

WordPress bisa dibilang adalah CMS ( Content Management System ) yang paling laris untuk saat ini. Menurut klaim dari wordpress sendiri sekitar 31% website yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman menggunakan wordpress sebagai CMS-nya.

Cara install wordpress offline ini amat berguna kala kita melakukan uji coba tema WordPress sebelum betul- betul dionlinekan.

Persiapan Menginstall WordPress Offline

Persiapan pertama adalah menginstall web server, langsung saja download di https://www.apachefriends.org/download.html. Sebagai rekomendasi download yang memiliki versi PHP 7.0 keatas dan sesuai dengan PC kalian masing – masing.

Langkah selanjutnya yang perlu kalian siapkan adalah tentu saja download wordpress di www.wordpress.org/download.

Sampai saat ini versi wordpress yang terakhir adalah versi 5.1.1. Setelah semua persiapan di download sekarang langsung saja kita masuk ke inti pokok pembahasan tentang cara install wp localhost menggunakan Xampp.

Cara Install WordPress di Xampp

Sebenarnya ada 2 cara untuk menginstall wordpress yaitu langsung dari web hosting atau bisa download di website resmi wordpress. Naah sesuai judul pada artikel ini kita akan menunjukan cara install WordPress di localhost dengan Xampp.

1. Extract wordpress.zip yang sudah didownload tadi caranya dengan click kanan file wordpress.zip kemudian extract here. Akan muncul folder wordpress yang isinya adalah file – file PHP.

2. Copy folder wordpress tersebut kemudian paste pada directory tempat kalian menginstall web server tadi, tapi secara default akan terinstall di C://xampp/htdocs seperti gambar dibawah ini.

3. Setelah folder wordpress sudah berada di folder htdocs, buka aplikasi XAMPP dan pastikan apache dan mysql dalam kondisi running apabila belum runining bisa click start pada apache dan mysql.

4. Langkah selanjutnya akses phpmyadmin di browser dengan mengakses http://localhost/phpmyadmin. Kemudian buatlah database dengan nama db_wordpress.

Baca juga :  9 Panduan Awal Pemrograman Dasar untuk Jadi Programer Handal

5. Langkah selanjutnya ada mengkoneksikan database dengan wordpress dengan cara mengkonfigurasi file “config.php” wordpress untuk mengatur username, password dan nama database yang akan kita gunakan untuk wordress. terdapat sebuah file dengan nama “wp-config-sample.php”. lalu ubah nama file nya menjadi “wp-config.php”. seperti gambar di bawah ini.

6. kemudian buka file wp-config.php nya. lalu isikan username, password dan nama database teman-teman. karena tadi database yang saya buat untuk wordpress ini saya buat dengan nama db_wordpress. maka isi dengan db_wordpress. lalu username mysql default Xampp β€œroot”. dan di password nya saya kosongkan karena saya tidak menggunakan password mysql dan default Xampp memang tidak menggunakan password. berbeda dengan hosting online username dan password disesuaikan. Setelah di edit jangan lupa disimpan.

7. Semua persiapan sudah selesai sekarang tinggal kita setup wordpressnya. Akses http://localhost/wordpress pada browser dimana wordpress adalah folder yang diextract diawal tadi. Tampilannya akan seperti ini jika semua step dilakukan dengan benar. Pilih bahasa, disini saya pilih bahasa inggris biar keren πŸ™‚ tapi terserah teman – teman mau pakai bahasa daerah mana πŸ™‚ kemudian klik Continue.

Baca juga :  Apa itu framework? Yuk kenalan dengan PHP framework dan contoh-contohnya

8. Kemudian buat akun admin dan data blog atau situs.

Kadang orang suka pakai password yang simpel karena masih offline tapi disini saya menggunakan generate password biar aman dan gak ribet lagi ganti password saat web sudah benar2 siap dionlinekan, jangan lupa juga pastikan copy password ketempat yang aman dulu jika kalian ingin seperti saya menggunakan generate password, lalu Install WordPress.

9. Login menggunakan akun admin yang sudah dibuat tadi.

10. Dan selamat proses penginstalan wordpress sudah selesai.

Memilih Tema

Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh WordPress salah satunya tema. Dengan tema kita bisa merubah tampilan website kapanpun sesuka hati. Setelah wordpress terinstall tentu hal pertama yang akan kita lakukan adalah menginstall tema. berikut bonus tambahan cara install tema setelah menginstall wordpress offline di Xampp.

1. Untuk menginstall tema cari pada menu Appearence >> Themes.

2. Kemudian click Add new.

3. Pilih salah satu tema kemudian click install.

4. Setelah instalasi selesai aktifkan tema dengan click tombol activate.

5. Kamu bisa melihat tampilannya dengan mengarahkan mouse pada Website Title yang berada di pojok kiri atas kemudian click Visit site.

Sekian dulu tentang Cara Install WordPress di Xampp selanjutnya kita akan membahas mengganti tema wordpress lebih detail. Sisanya bisa kamu explore sendiri dan ini tidak memerlukan skill PHP kecuali kamu ingin mengembangkan tema kamu sendiri atau plugin sendiri tapi jika untuk kebutuhan blog kamu bisa melakukannya kapanpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 12 =

Portfolio Title

February 2018

Web Design, Web Development

WhatsApp chat