Home > Blog > Informasi > 9 Panduan Awal Pemrograman Dasar untuk Jadi Programer Handal

9 Panduan Awal Pemrograman Dasar untuk Jadi Programer Handal

Sekilas Tentang Pemrograman

Pada artikel ini kita akan membahas pemrograman dasar untuk menjadi programmer handal eitss bukan ProGammer yaa.. :). Yuk simak panduan awalnya dibawah ini baca dengan seksama ya jangan sampai ada yang kelewatan :).

Pemrograman adalah proses yang meliputi menulis, testing, maintenance, perintah/syntax sebuah program komputer.

Contoh misalnya aplikasi Go-Jek, siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini salah satu startup Indonesia dengan layanan angkutan melalui ojek.

Pastinya memakan waktu berbulan – bulan untuk membuat aplikasi gojek untuk pertama kali itupun dengan masih banyak sekali kekurangan sehingga pihak Go-Jek harus mengupdate aplikasinya tiap bulan bahkan tiap minggu.

Nah dari contoh diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya Pemrograman itu adalah sekumpulan proses yang akan terus berkembang dan tidak akan ada habisnya karena ketika bisnis mulai berkembang tentu kebutuhannya juga akan lebih banyak.

Konsep Dasar Pemrograman

Untuk konsep dasar pemrograman sendiri sebenarnya cukup sederhana hanya terbagi dalam 3 hal yaitu input, proses, output jadi ketika kamu ingin membuat program nantinya ketiga komponen itu harus ada didalam program yang kamu buat.

  • Komponen pertama yang harus ada adalah input, input disini akan bertugas untuk menerima inputan/masukan dari user dan ini juga secara tidak langsung menjadi control dari program itu sendiri.
  • Proses bertugas untuk mengolah apa yang telah diinputkan oleh user, nah disinilah peran programer yang sebenarnya bagaimana dia bisa mengolah data untuk ditampilkan keuser nantinya.
  • Output yang terakhir adalah output ini menjadi sebuah feedback kepada user, misalkan ketika user salah memberikan inputan maka akan muncul pesan error.

Bahasa Pemrograman

Setelah memahasi konsep dari pemrograman sendiri, sekarang kita bahas sesuatu yang lebih serius lagi yaitu Bahasa Pemrograman. Bahasa Pemrograman adalah sebuah tool yang digunakan untuk membuat perintah berbentuk syntax / script.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman seperti halnya bahasa manusia yang tak terhitung jumlahnya, tapi jika kalian ingin serius belajar kalian bisa pilih salah satu untuk melatih logika dan ketika sudah mahir baru menentukan pilihan akan kearah mana selanjutnya.

Jenis bahasa pemrograman juga berbeda – beda ada yang compiled seperti Java, C, C++ dan ada juga interpreted seperti Python, PHP, Ruby. Tidak hanya itu tingkatan antar bahasa pemrograman juga berbeda dimulai dari tingkat rendah ( low level programming ), tingkat tinggi ( high level programming ).

Perbedaan antara pemrograman tingkat tinggi dan rendah adalah dari segi penulisan kode, penulisan kode pada pemrograman tingkat tinggi lebih menggunakan bahasa yang bisa dipahami oleh manusia itu sendiri sedangkan untuk tingkat rendah menggunakan instruksi yang hanya dipahami oleh mesin.

Algoritma

Dalam dunia programming, menguasai algoritma adalah hal penting. Karena algoritma adalah tumpuan untuk menyeleasikan sebuah persoalan.

Algoritma pemrograman adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Hal ini ditekankan pada urutan langkah logis, yang artinya algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, dan langkah-langkahnya tidak boleh diloncat. Pengertian lainnya dari algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Baca juga :  cara mengutip dari internet yang baik dan benar

Sama seperti ketika kita ingin membuat mie instan pasti ada tahapan/langkahnya dan juga tidak bisa dibolak – balik ataupun diloncat untuk masing – masing langkahnya.

Dalam algoritma, alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu persoalan dituangkan secara tertulis. Hal pertama yang ditekankan adalah alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Sedangkan penekanan kedua adalah tertulis, yang artinya alur tersebut dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.

Software Pendukung

Untuk software selain bahasa pemrograman tentunya kalian harus install editor atau IDE tapi saya lebih rekomen editor karena selain lebih ringan juga free, untuk pilihan editor kalian bisa pilih sesuai selera ini rekomendasinya VScode, Atom, Notepad++, Bracket.

Struktur Program

Berikut adalah struktur program dari beberapa bahasa pemrograman yang paling sering dipakai. Contoh program sederhana menampilkan string “hello world”.

Bahasa PemrogramanStruktur Bahasa
C#include <stdio.h>
void main() {
printf(“Hello World”);
}
C++#include <iostream>
int main() {
cout << “Hello World”;
return 0;
}
Javapublic class HelloWorld { public static void main(String[] args) {
System.out.println(“Hello, World”);
} }

Deklarasi Variabel

Proses deklarasi variabel adalah proses dimana kita sebagai programer meminta kepada CPU untuk menyediakan ruang di memory sesuai dengan kebutuhan.

Disini si programer harus jeli untuk menentukan jenis variabel yang dibutuhkan jika salah menentukan jenis variabel maka program yang kita buat bisa error pada saat proses compile.

Pada umumnya deklarasi variabel menggunakan struktur sebagai berikut : tipe_data nama_variabel = value. Itu adalah struktur yang umum dari bahasa pemrograman yang populer saat ini.

Dan berikut adalah contoh program sederhana dengan bahasa C untuk deklarasi variabel :

Looping

Looping atau perulangan memungkinkan kita dalam menjalankan perintah sampai batas tertentu tanpa harus mengetik banyak code. Disini si pembuat program harus tahu kapan perulangan itu berhenti jika tidak maka akan terjadi perulangan terus menerus hingga program crash, jadi harus ada kondisi kapan perulangan harus dihentikan.

Langsung saja menuju contoh seperti ini :

Dari contoh program diatas akan menghasilkan string “Saya akan berulang sebanyak 10x” dan akan diprint sebanyak 10x.

Baca juga :  Apa itu Docker? Mengenal Docker dan Kelebihannya.

Seperti yang dibahas diawal disetiap perulangan akan ada kondisi diamana prulangan itu berhenti, dalam kasus ini perulangan akan berhenti ketika i bernilai sama dengan 10 atau lebih.

Kontrol Struktur

Kontrol Struktur digunakan ketika kalian bermain dengan pengkondisian. Pada Looping tadi sebenarnya kita sudah menggunakan Kontrol Struktur jadi apabila nilai variabel i itu sama dengan 10 atau lebih maka perulangan akan berhenti.

Kontrol Struktur ini juga bisa digunakan untuk penentuan keputusan suatu program. Dengan sekema dia akan mencari sampai kondisi bernilai tru dan ketika tidak ada kondisi yang cocok maka pilihan terakhir akan jatuh pada false.

Contoh programnya seperti ini :

Kode sederhana diatas bertujuan untuk menentukan apakah siswa gagal ujian atau tidak serta memberi grade per masing – masing kelompok nilai.

Kesimpulan

Pemrograman adalah proses yang meliputi menulis, testing, maintenance, perintah/syntax sebuah program komputer. Konsep dasar pemrograman sendiri terbagi dalam 3 hal yaitu input, proses, output.

Bahasa Pemrograman adalah sebuah tool yang digunakan untuk membuat perintah berbentuk syntax / script.

Jenis bahasa pemrograman juga berbeda – beda ada yang compiled seperti Java, C, C++ dan ada juga interpreted seperti Python, PHP, Ruby. Tidak hanya itu tingkatan antar bahasa pemrograman juga berbeda dimulai dari tingkat rendah ( low level programming ), tingkat tinggi ( high level programming ).

Algoritma pemrograman adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Hal ini ditekankan pada urutan langkah logis, yang artinya algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, dan langkah-langkahnya tidak boleh diloncat. Pengertian lainnya dari algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Dari semua teori diatas hal yang paling penting untuk menjadi programmer adalah terus mencoba dan latihan serta menikmati prosesnya :).

Jika menemukan error dan sudah stack jangan berhenti, tanya orang yang lebih tahu di komunitas atau group asal kita berprilaku baik pasti akan ada yg membantu 🙂 sejatinya masih banyak orang yang suka membantu.

Selain komunitas dan grup mbah google juga akan bisa menjadi penolong mu dalam belajar 🙂 karena dunia ini sudah tidak seperti dulu jika kamu ingin belajar itu hanyalah lewat buku *ehh malah curcol :). Ok sampai disini dulu artikel ini selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 7 =

Portfolio Title

February 2018

Web Design, Web Development

WhatsApp chat